Tips Merawat Ban Sepeda Gunung yang Gampang

Tips Merawat Ban Sepeda Gunung yang Gampang

Kondisi ban sepeda dapat dibilang sebetulnya sangat memengaruhi performa sepeda itu sendiri, termasuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) yang seringkali dimainkan di lintasan yang ekstrem dan menantang, bro. Nggak heran, kalau ban sepeda MTB haruslah mendapat perawatan tertentu supaya tetap siap melibas tiap-tiap tantangan yang ada. Mau tahu bagaimana tips melindungi ban sepeda gunung yang tepat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Ban sepeda dapat dibilang merupakan tidak benar satu anggota paling mutlak berasal dari sebuah sepeda, termasuk model sepeda gunung. Sebab, dikala lo menggowes sepeda gunung di lintasan yang ekstrem dan menantang, kedua ban sepedalah yang bersentuhan langsung bersama medan offroad tersebut, bro cara merawat sepeda gunung .

Wajar saja, kalau ban sepeda gunung wajib diperhatikan dan juga dirawat bersama baik supaya tetap dapat memberikan performa paling baik dan lebih awet atau tahan lama. Oleh sebab itu, sebaiknya lihat tips melindungi ban sepeda gunung yang pas berikut ini, bro!

BACA JUGA: Tips Memilih Ban Sepeda Gunung yang Tepat Buat Bertualang!
Tips melindungi ban sepeda gunung yang pertama yakni tetap periksalah secara rutin semua komponen berasal dari ban sepeda gunung khusus lo, bro. Periksa secara rutin telapak dan bahu ban sepeda gunung.

Dengan begitu, lo dapat mendeteksi kerusakan-kerusakan yang ada terhadap ban sepeda gunung lebih awal dan mengantisipasi kejadian yang nggak diinginkan. Jadi, lo dapat meminimalisir risiko kecelakaan yang disebabkan oleh ban sepeda gunung, bro.

Tips melindungi ban sepeda gunung yang pas seterusnya yakni jangan lupa membuat cek tekanan angin ban sepeda gunung lo sebelum akan gowes, bro. Biasakan tetap memeriksa tekanan ban sepeda gunung bersama gunakan alat pengukur tekanan ban.

Tujuannya pasti saja biar tekanan angin terhadap ban sepeda gunung sangat cocok atau pas. Pasalnya, tekanan ban yang baik adalah jangan sangat keras atau lembek, sebab hal ini berpengaruh terhadap daya cengkram ban dan daya tahan ban sepeda gunung, bro.

Perhatikan Periode Penggantian Ban Sepeda Gunung Novapro

Setidaknya, ada tiga faktor yang wajib lo mencermati didalam lakukan penggantian ban sepeda gunung. Pertama intensitas penggunaan, yang kedua perawatan, dan yang ketiga model medan yang akan lo lewati, bro.

Sepeda gunung yang sering dibawa ke trek aspal kasar atau medan berbatu pasti akan mengalami aus ban lebih cepat dibandingkan yang dipakai terhadap medan berlumpur. Sebagai patokan, untuk ban standar Schwalbe, jarak tempuh yang dapat dijadikan pertimbangan adalah 2000 sampai 5000 kilometer. Jadi, jangan sampai telat rubah ban sepeda gunung ya, bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *