Aqiqah

Menurut hadits dan mayoritas ulama Islam, dikorbankan dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Jika seseorang tidak dapat menyembelih pada hari ketujuh, seseorang dapat menyembelih pada hari keempat belas atau pada hari kedua puluh satu. Jika seseorang tidak mampu melakukannya, maka seseorang dapat menyembelih setiap saat sebelum pubertas anak. Aqiqah adalah sunnah dan mustahabb, itu tidak wajib sama sekali, jadi tidak ada dosa bagi orang yang tidak melakukannya.

Menurut sebuah hadits di Muwatta Imam Malik, Fatima menyumbangkan, dalam bentuk perak, seberat rambut anak-anaknya yang dicukur Hasan, Husain, Umm Kulthum dan Zainab.

Ketentuan Hewan Akikah

Hewan yang disyariatkan untuk disembelih dalam akikah adalah kambing atau domba. Untuk anak laki-laki, dianjurkan untuk menyembelih dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing. Ketentuan ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW: “Siapapun yang ingin menyembelih untuk anaknya maka ia harus menyembelih baginya Untuk anak laki-laki, dua ekor kambing dan bagi seorang gadis, kambing ,” (HR Abu Daud). Sebagai catatan, kambing atau domba yang akikah berumur lebih dari satu tahun, tidak cacat, tidak kurus, dan dalam keadaan sehat.

Doa-doa Aqiqah

Saat melakukan akikah, selain menyembelih kambing atau domba, orang tua juga dianjurkan untuk mencukur bulu bayinya.

1. Doa Penyembelihan Akikah Kambing/Domba Saat akan menyembelih kambing yang akan dijadikan akikah, dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [اللهم مِنْكَ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي

“Bismillâhi wallâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu … [menyebutkan nama bayi]” Artinya: “Dengan menyebut nama Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah akikah [menyebutkan nama bayi]”

2. Doa Mencukur Bayi Kemudian, orang tua juga disarankan untuk mencukur bayi rambut mereka dengan doa sebagai berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين أللهم نور السماوات ونورالشمس والقمر , اللهم سر الله نور النبوة رسول الله صلى الله عليه وسلم والحمد لله رب العالمين

“alam Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillâhirabbil’. .allahumma berhasil Samawati wa nûrusy syamsyi wal qamari, allâhumma sirrullâhi nûrun nubuwwati rasulullâhi shallallâhu ‘alaihi wasallam walhamdulillâhi rabbil’ âlamin.” Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, ya Allah, cahaya langit, matahari dan bulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam.” Setelah bayi dicukur, orang tua dapat meniup ubun-ubun bayi dengan membaca doa berikut:

اللهم أعيذها بك ا من الشيطان الرجيم

“Allahumma bika wa Anni u’îdzuhâ dzurriyyatahâ minash syaithânir rajim” artinya: “Ya Allah, aku mencari perlindungan baginya dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

Jika Anda ingin mengadakan aqiqah sebaiknya Anda menghubungi layanan jasa paket aqiqah jakarta yang berpengalaman dan melayani aqiqah sesuai syariat islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *